News Update :

TIGA RATUS KILOGRAM BERAS

Minggu, 24 Oktober 2010

"Pak.....Pak. ....napas Ibu sesak sekali....Ibu tidak bisa ke kantor hari ini..." lirih Ibu Nanda pada suatu pagi....

Kala itu, di bulan Desember 2001...tujuh tahun yang lalu....aku tinggal bersama keluarga Bapak Nanda....
Keluarga yang sangat bahagia...Bapak dan Ibu Nanda memiliki 2 orang anak...anak yang pertama laki-laki dan anak yang kedua perempuan... Aku melihat bahwa kehidupan keluarga mereka sangat rukun dan saling mengisi satu sama lainnya...antara Bapak dan anak-anaknya selalu ada komunikasi demikian dengan Ibunya...seakan- akan tiada tanpa komunikasi dalam satu hari.... Sepintas ada rasa iri aku terhadap keluarga Bapak Nanda... Aku iri dengan kebahagiaan mereka...orang kaya...memiliki rumah yang besar....punya banyak mobil...tapi tidak sombong dan ringan tangan dalam membantu sesama.... membantu tetangga yang kesulitan maupun membantu orang-orang kampung ditempat tinggalku...

Aku ikut keluarga Bapak Nanda sudah cukup lama...Bapakku merupakan karyawan yang bekerja di keluarga Bapak Nanda....beberapa puluh tahun yang lalu...dan sampai sekarang masih berhubungan baik dengan keluarga besar Bapak Nanda...

Ibu Nanda sedang mengandung anak yang keempat....beliau pernah mengalami keguguran pada kandungan ketiga...oleh karena itu Ibu Nanda sangat hati-hati sekali dalam menjaga kandungannya. ...
Kandungan Ibu Nanda memasuki usia kandungan 5 bulan...untuk kali ini kondisi Ibu Nanda sangat memprihatinkan. ..karena Ibu Nanda mempunyai riwayat ashma yang cukup parah...Aku sangat prihatin dengan kondisi Ibu Nanda....

"Pak...pak.. .. Ibu sudah tidak kuat lagi...."lirihan Ibu Nanda terdengar kembali..."Ibu sesak napas...Pak. ."lanjutnya. ...

Pagi itu aku sedang membantu putra putri Ibu Nanda memakai pakaian seragam sekolah...ku lihat wajah ibu Nanda pucat...dengan napas yang tersengal-sengal. ...sesekali ku dengan suara...ngiiik. ..ngiiik. ..ngiiiik. ..

"Paaaakkk... ..Ibu sakit" jerit Ananda putri kedua keluarga tersebut...

"Bu...tahan bu..."aku berusaha menenangkan Ibu Nanda.... Bapak sedang beli roti buat sarapan..... .lanjutku sambil duduk bersimbuh di dekat kaki Ibu Nanda....

Tak lama kemudian Pak Nanda datang...beliau lari tergopoh-gopoh dan segera menghampiri istrinya yang sedang menahan sakit...
Pak Nanda berusaha menenangkan istrinya ..."Bu....ibu. ...ini Bapak....kita ke dokter yha....sabar yha..Bu..."

Waktu terus berlalu...aku mengurus anak-anaknya. .... mereka diantar kesekolah oleh supir...sedangkan aku kembali sibuk dengan urusanku....

Hujan turun tak henti-hentinya. ....sejak malam hingga siang hari.... setelah selesai pekerjaanku. ..aku menyalakan televisi..." aku ingin dengar berita hari ini"ujarku dalam hati....
Ya ampun...banjir. ..banjir dimana-mana. ...begitu terkejutnya aku setelah aku mendengar berita mengenai banjir akibat hujan terus menerus....

"Astagfirullah. ..."aku dikagetkan oleh dering telepon...." Assalamualaikum. .."jawabku. ...
"Asih...asih. ...ini Bapak..."terdengar diujung telpon.....Ibu dirawat Sih....tolong siapkan bajunya yha..dan titip anak-anak... mungkin Bapak menginap karena ashma Ibu kambuh lagi...kali ini bayinya kekurangan oksigen..."lanjut Pak Nanda tanpa henti.... terdengar kalau Pak Nanda sangat panik...
"I...iiiya.. .Pak....nanti Asih siapkan Baju Ibu...tapi Ibu dan adik bayinya tidak apa-apakan?" jawabku dengan sedikit agak gemetar....
"Doain aja ya...Sih...semoga Allah berkenan memberikan yang berbaik....udah dulu ya....Sih... titip anak-anak.." akhir dari suara Bapak Nanda diujung telpon...

Aku segera menyiapkan keperluan Ibu Nanda.... aku minta tolong agar supir mengantarkan pakaian Ibu ke rumah sakit yang berjarak agak jauh dari rumah...
Sementara aku menjemput anak-anak di sekolah....dan tak lupa aku membawakan jas hujan, payung dan minuman hangat untuk mereka.....

Alhamdulilah. ..akhirnya sampai juga kami bertiga di rumah.... aku bereskan baju-baju basah mereka...dan aku urus semua kebutuhannya. ...
Sempat kulihat jam dinding...menunjukk an pukul tiga..."ah.. .sudah sore...tapi kenapa supir belum juga datang...."ujarku dalam hati....

kringggg.... .kringgggg. ..kringggg. ..dering telepon kembali berbunyi..." Sih....Paijo dah disuruh kirim baju belum?tanya suara diujung telepon..yang ternyata adalah suara Pak Nanda...
"Sudah Pak...sejak jam 10 tadi...."jawabku dengan gelisah... "apa kena macet dan banjir yha..Pak.... "lanjutku. ..
"Bisa jadi...ya sudah...anak- anak sudah dijemput..tolong titip anak-anak ya..."lanjut Pak Nanda dan menutup teleponnya.. ..

Aku memberi tahu kepada anak-anak... kalau Bapak sedang menunggu Ibu dan adik bayi di rumah sakit...jadi jangan rewel dan kita sama-sama berdoa untuk kesehatan Ibu dan adik bayi...
Aku terharu melihat sikap anak-anak yang baik dan penurut itu...

Sudah empat hari Ibu tidak pulang...sedangkan Bapak pulang pagi..dan malam menginap di rumah sakit.....
Hujan masih turun...kadang deras kadang rintik-rintik. .. Ibu Nanda dirawat kembali di rumah sakit.... sejak kehamilan bulan pertama..Ibu Nanda sering sekali bolak balik ke rumah sakit...bila aku hitung-hitung. ..1 minggu sehat dan bisa ke kantor...3 minggu istirahat di rumah sakit karena kondisi penyakit ashmanya yang sering menyerang pernapasan beliau....selain itu kondisi cuaca tidak bersahabat.. ..

Suatu ketika....saat aku ingin masak nasi...kulihat tempat simpan beras sudah kosong.... Aku lupa untuk minta uang...kucoba untuk menelpon Bapak dan menyampaikan kalau beras habis....
"Assalamualaikum. .Pak...Pak, maaf Asih hanya mau menyampaikan kalau beras habis...."suaraku agak tertahan...karena keprihatinan terhadap kondisi keluarga ini....
"Iya Sih..nanti Bapak beli....titip anak-anak yha...Sih... "kembali lagi Bapak mengingatkanku untuk selalu menjaga anak-anaknya. ...

Tak lama anak-anak pulang....Mbak Asih...Mbak Asih...banjir Mbak...banjir dimana-mana. ...tadi mobil kita mogok terus bisa jalan lagi karena didorong banyak orang...."teriak anak-anak saat turun dari mobil...
"Pak Paijo...banjir Pak...?" tanyaku...
"Iya Mbak...banjir. .dimana-mana. ..."jawab Pak Paijo....

Setelah anak-anak ganti baju..."Mbak Ananda lapar...."rengek Ananda.... Rangga juga lapar.."suara kakaknya terdengar...

"Sabar yha....tadi Mbak sudah telepon Bapak..Nanti Bapak pulang bawa beras..."aku berusaha menghibur mereka....

Kring...kring. ..telpon berdering kembali..."Sih. ..Asih... Bapak gak bisa pulang...karena banjir....kamu minta tolong tetangga gih....tolong yha Sih..."terdengar suara Bapak dengan nada terburu-buru. ..

Ya Allah...bagaimana ini....aku gak mungkin keluar...karena toko-toko tutup...banjir dimana-mana. ... ku lihat tetangga sibuk memindahkan mobilnya ketempat yang lebih tinggi...
Tolong kami ya Allah....

Dalam kondisi seperti ini...aku merasa kecil...kecil sekali di dunia ini.... Pak Nanda bukannya tidak punya uang untuk beli beras...tapi justru karena kondisi alam yang tidak memungkinkan uang itu jadi tidak ada gunanya..tidak bisa untuk beli sesuatu..karena semua tutup...

Aku berusaha menenangkan anak-anak Pak Nanda... Aku beri susu dan teh manis hanya sebagai pengganjal lapar saja....Nanti begitu hujan reda...aku akan nekat keluar..walaupun banjir masing menghadang dijalan..begitu niatku...

Ku lihat anak-anak tertidur...udara dingin... Pak Paijo tidak bisa berbuat apa-apa karena rematiknya kambuh.... Ya Allah...tolonglah kami...

Tiba-tiba telpon berdering.." Assalamualaikum Asih...."terdengar suara lirih dari Ibu Nanda..."Sih. ..beras habis ya....maafkan Ibu ya...sudah merepotkan kamu....Sih. ..tolong titip anak-anak ya...Ibu masih dirawat... jangan lupa solat ya Sih...mudah- mudahan Allah menolong kita....semua diluar kemampuan kita....banjir dimana-mana. ... titip anak-anak ya...Sih..." Ku dengan suara Ibu bergetar dan terdengar isak tangis.... "Bu...semua sudah beres...anak- anak sudah tidur...tadi sudah Asih beri susu..dan sekarang tidur.."aku akhiri pembicaraan melalui telepon agar Ibu Nanda tidak panik yang akan berakibat pada kandungannya.

Kuambil wudhu... Aku solat sunnah...setelah itu aku benar-benar memohon....aku menangis...Ya Allah...tolong mudahkan segalanya... . selesai aku memohon....suara azan Ashar...terdengar berkumandang. ... selesai azan...aku lanjutkan solat Ashar....setelah itu aku memohon kembali.... dan aku yakin...aku tidak sendiri karena diluar sana Bapak dan Ibu Nanda juga akan melakukan hal yang sama....

Tingtong.... tingtong. ...tingtong. .... kudengar suar bel rumah berbunyi.... aku keluar dan kulihat Pak Paijo sedang membukakan pintu..walau jalannya masih terlihat pincang....
Ku lihat mobil box berdiri di depan rumah..."Maaf Mbak...ini kediamannya Bapak Nanda?" tanya orang yang keluar dari mobil box tersebut... "Betul Pak...ada apa ya..."tanya ku penuh curiga.... "Ini...ada kiriman beras dari Pak Faizal....beras cianjur...Maaf baru sampai..karena tadi dijalan macet dan banjir..."orang tadi menjelaskan. ..dan kulihat..baju dan celananya basah..dan dari wajahnya nampak capai sekali..."tadi mobilnya mogok...maaf jadi kotor dan basah semua, berasnya taruh dimana, Mbak..."lanjut pria tadi...
"Ohhh...iiiiyaaa. ..yaaa... taruh disini Pak..."aku terkejut akibat dari terkesimanya aku dengan kejadian hari ini.... percaya tidak percaya....Allah telah membantu keluarga ini dari kesulitannya. ...
"Mbak..semua 12 karung... sudah ya..Mbak..saya pulang dulu..."ujar pria itu...Eh Pak...ngopi atau ngeteh dulu yah...hangat- hangat... .sebentar ya Pak, kataku mempersilahkan pria itu duduk....
"Terima kasih...Mbak. ..terima kasih...Alhamdulila h...",jawab pria tadi sambil duduk ditemani oleh Pak Paijo...

Tak lama aku keluar membawa 2 gelas kopi panas dan makanan kecil.... setelah itu aku masuk kembali untuk menghubungi Bapak Nanda...

"Assalamualaikum Pak...Pak... ada yang kirim beras 12 karung 25 kilo...katanya dari Pak Faizal...habis panen...beras Cianjur..."belum selesai aku bicara...terdengar "Alhamdulilah ya Allahh....Alhamduli lah....Bu. .kita dapat kiriman beras..dari Pak Faizal.... kudengar suara Bapak dan Ibu Nanda dan kudengar tangis bahagia mereka berdua...."Sih. ..Asih... terima kasih ya..nanti Bapak akan telpon Pak Faizal...terima kasih yah Sih...titip anak-anak... "terdengar telepon ditutup..

Terima kasih ya Allah...atas kemurahanMu. ...tak terasa air mataku mengalir.... aku yakin...ini semua hasil dari kebaikan dan kemurahan hati Bapak dan Ibu Nanda kepada sesama manusia... Allah melimpahkan rizki kepada keluarga ini....
Aku teringat ceramah dari seorang Kyai di kampungku... .."Bila kita menolong sesama karena Allah Ta'ala dan kita ikhlas melakukannya. ...suatu saat Allah akan mengembalikannya berlipat-lipat tanpa kita duga...ini semua seolah-olah kita memberikan pinjaman kepada Allah atas rizki yang telah Allah berikan kepada kita dan Allah mengembalikannya pinjaman tersebut dengan nilai yang tak diduga dan disangka-sangka. ..."

(sumber : millis sekolah-kehidupan@yahoogroups.com)

note : makasih atas ceritanya yang inspiratif banget. Membuka kesadaranku kembali akan kebesaran Allah. Semoga bisa tetep terus istiqomah di jalan Allah
Share this Article on :
 

© Copyright SEPEDA PANCHAL 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.